Kado Spesial Dari Empat Putri Peneliti SPANCA Raih Juara OPSI Tingkat Kabupaten Jepara

Pecangaan,smpn1pecangaan.sch.id- Empat Putri Peneliti SMPN 1 Pecangaan berhasil meraih juara OPSI di tingkat Kabupaten Jepara, OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) jenjang SMP tingkat Kabupaten Jepara, digelar sebagai agenda penting Pusat Prestasi Nasional dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berkarakter kreatif dan inovatif. OPSI berfokus pada karakter ilmiah ditumbuhkan melalui kegiatan kompetisi dalam rangka mengembangkan kemerdekaan berpikir siswa untuk terus meneliti.

Melalui kegiatan ini, kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar, termasuk menggali potensi sumber daya lokal yang memiliki dampak global akan terus ditumbuhkan. Dengan demikian, OPSI menjadi wadah bagi para siswa untuk mengaktualisasikan bakat, minat, dan kemampuan dalam meneliti dan berinovasi serta menanamkan budaya meneliti di kalangan siswa. Kegiatan ini juga merupakan seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai kompetisi penelitian, forum ilmiah, serta publikasi nasional dan internasional. sumber:(pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id)

Dengan semangat dan tekun dalam berlatih, memperbanyak literasi melalui pendampingan bapak ibu guru pelaksaan lomba tersebut empat putri SMPN 1 Pecangaan berhasil meraih juara tentunya merupakan kebanggaan tersendiri bisa mengharumkan almamater melulaui kegiatan tersebut disamping itu juga merupakan kado yang sangat spesial dibulan agustus yang mendekati dengan Harlah SMPN1 Pecangaan, empat putri tersebut diantaranya, Ulya Najwal Khusna (9A) dan Celine Putri Violeta (8A) berhasil meraih Juara 2 bidang IPS dengan guru pendampingnya Bapak Syaifudin, S.Pd. Judul Penelitian yang dibawakan (Studi Tentang Eksistensi Bisnis Kerajinan Logam Di Desa Margoyoso, Kalinyamatan, Jepara) sedangakn Lailina Tesla Karunia (8H) dan Eunike Brilyan Adi Kharisma (9A) berhasil meraih Juara 2 bidang Rekayasa Teknologi dengan guru pendamping Ibu Faridatus Saidah, S.Pd. Judul Penelitiannya (Budidaya Maggot Bsf Dengan Menggunakan Ampas Tahu Sebagai Pengurai Sampah Organik Dan Alternatif Pakan Ikan Di Desa Pelang).

Penyerahan hadiah oleh Pj. Bupati Jepara pada saat upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Alun-Alun 01 Kota Jepara pada 2 Mei 2023, Para juara akan melanjutkan lomba OPSI tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada bulan September 2023, dan dilanjutkan Peyerahan hadiah dari empat putri kepada pihak sekolah yang diteriman Bapak Abdul Mukhid, S.Pd, M.Pd. sesudah pelaksanaan upaca bendera.

Pecangaan 07/08/2023
Nara Sumber : Syaifudin, S.Pd.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *