Spanca Borong Piala dalam Festival Literasi Siswa dan Lomba Baca Puisi Online

SMP Negeri 1 Pecangaan berhasil memborong piala dalam ajang Festival Literasi Siswa dan Lomba Baca Puisi Online yang diselenggarakan oleh Disdikpora Kabupaten Jepara. Dalam ajang Festival Literasi Siswa yang diselenggarakan pada Rabu (19/10/2022), Qorry Aina Kamalia Rahayu berhasil meraih juara III cabang lomba cipta puisi, sedangkan Deandra Fritsafira Nurdin berhasil meraih juara III cabang lomba story telling. Lebih istimewa lagi, Shofwatul Uyun berhasil meraih juara I dalam Lomba Baca Puisi Online yang diumumkan pada Senin (28/11/2022). 

Mereka mampu menjadi juara setelah berhasil mengalahkan lebih dari 50 siswa-siswi dari SMP negeri dan swasta lainnya se-Kabupaten Jepara. Prestasi tersebut juga menjadi bukti nyata bahwa Spanca (sebutan SMPN 1 Pecangaan) layak menjadi salah satu SMP terbaik di Kabupaten Jepara. 

“Alhamdulillah. Akhirnya perjuanganku selama persiapan lomba berbuah manis,” ujar Qorry usai menerima tropi dan piagam penghargaan di Aula 1 Disdikpora Jepara.

Wajar sumringah tampak jelas terpancar di wajah Qorry. Dia menulis puisi berjudul “Jepara yang Memesona”. Puisinya membahas tentang keindahan alam Jepara yang terkenal memesona bagi wisatawan lokal dan mancanegara serta berkisah tentang tiga sosok perempuan Jepara yang hebat nan memesona, yaitu Ratu Shima, Ratu Kalinyamat, dan R.A. Kartini.

Dalam mengikuti lomba tersebut, Qorry dibimbing secara intensif oleh Bapak Syaifudin yang sekaligus juga sebagai guru Bahasa Indonesia.

Selang dua jam kemudian, kegembiraan juga dirasakan oleh Deandra. Dia tampil dengan cerita dongeng lokal berjudul “The Legend of Rawa Pening” dan dongeng luar negeri berjudul “Cinderella”. 

Setelah itu, tibalah saatnya juri mengumumkan juara lomba. 

“Juara III lomba Story Telling tingkat Kabupaten Jepara adalah peserta dengan nomor undian 14. Atas nama Deandra Fritsafira Nurdin dari SMPN 1 Pecangaan,” kata Bapak Asro, selaku dewan juri lomba.

Sesaat kemudian, Deandra dan Qorry saling berpegangan tangan dan mengucapkan selamat. Keduanya memang dikenal bersahabat dekat karena sama-sama belajar di Kelas IX-A.

Perasaan lega dan bangga tentunya juga dirasakan oleh guru pembimbing Deandra, yaitu Ibu Lailin Niamah dan Ibu Anis Mawarti, yang begitu setia mendampingi anak didiknya selama perlombaan berlangsung dari pagi hingga sore.

Juara 1 Baca Puisi Online

Satu bulan kemudian (28/11/2022), kabar gembira datang lagi menghampiri Spanca. Shofwatul Uyun, siswi kelas IX-B, berhasil meraih juara I dalam Lomba Baca Puisi Online tingkat Kabupaten Jepara. Prestasi ini merupakan prestasi keempat baginya selama tahun 2022 karena sebelumnya dia juga berhasil menjadi juara di ajang lomba yang lain.

“Bulan Agustus kemarin saya juara II Olimpiade Penelitian. Lalu September juara II Cerdas Cermat Al-Qur’an. Kemudian Oktober  juara I Sesorah Bahasa Jawa. Sekarang November juara I Baca Puisi Online,” ujar Uyun saat diajak ngobrol oleh Bapak Syaifudin selaku pembina lomba baca puisi.

Puisi yang dibacakan oleh Uyun berjudul “Membaca Tanda-Tanda” karya maestro penyair Taufik Ismail. 

Lomba baca puisi diselenggarakan secara daring. Perekaman video baca puisi dilakukan di Perpustakaan Spanca Pustaka oleh Ibu Maylinda. Hasil perekaman videonya lalu dikirimkan ke panitia via surel (surat elektronik).

Juara Harapan di English Competition

Sebagai informasi tambahan, pada Selasa (22/11/2022) lalu, siswa-siswi Spanca juga meraih prestasi dalam ajang English Competition yang diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Inggris di Disdikpora Jepara. Qorry Aina Kamalia Rahayu (siswi IX-A) berhasil meraih juara harapan dalam cabang lomba Singing Contest dan Arfan Nabil Ramadhan (siswa IX-A) juga berhasil meraih juara harapan dalam cabang lomba English Olimpiad.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *