Festival Tunas Bahasa Ibu 2022 Tingkat SMP Kabupaten Jepara

JEPARA – Lima siswa SMP NEGERI 1 Pecangaan juara di ajang Festival Tunas Bahasa Ibu yang diselenggarakan Dinas Dikpora Kabupaten Jepara yang bertempat di SMP Negeri 2 Jepara pada tanggal 13 Oktober 2022. Jenis yang dilombakan pada jenjang SMP yaitu: Menulis Geguritan, Membaca Aksara Jawa, Nembang Macapat dan Berpidato, yang diikuti tidak kurang dari 45 SMP Negeri dan swasta se kabupaten Jepara.
Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) bukan tujuan utama dalam Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) dan bukan pula hanya euforia semata. Namun, kegiatan-kegiatan berbentuk festival atau lomba dipandang mempunyai daya tarik tersendiri bagi generasi muda. Oleh karena itu kegiatan revitalisasi Bahasa Daerah diramu dalam bentuk festival atau lomba. Festival atau lomba biasa juga disebut pasanggiri. Mengharap generasi muda untuk tidak gengsi berbahasa daerah khususnya bahasa Jawa, dimana generasi muda merupakan ujung tombak yang akan menjaga bahasa daerah supaya lestari dan tidak akan punah.

Tim yang mewakili SMP Negeri 1 Pecangaan di Festival Tunas Bahasa Ibu: Nanda Alvero (8A) peserta menulis Geguritan putra, Galuh Nuria Izdiana (9D) peserta menulis Gegurian putri, Nuril Adrian Fariz (8A) peserta membaca aksara Jawa putra, Nor Aida Atika peserta membaca aksara Jawa Putri, Shidqi Ghani Ibrahim Hartono peserta Nembang Macapat putra, Eunieke Brilyan Adi Kharisma peserta Nembang Macapat putri, Anindhityo Gusti Haricandhana (9C) peserta Berpidato putra dan Shofwatul Uyun (9B) peserta Berpidato putri, dengan guru-guru pendamping: Rr. Widhowati, S. Pd, M. Pd, Desita Lia Asriningsih, S. Pd. Jami’ah, S. Pd, Maylinda, S. Pd, Ari gustiar, S. Pd dan Syahrul, S. Ag.

Siswa SMP Negeri 1 Pecangaan yang juara pada ajang Festival Tunas Bahasa Ibu itu adalah Shofwatul Uyun juara 1 lomba berpidato putri, Nor Aida Atika juara 2 lomba membaca aksara Jawa Putri, Anindhityo Gusti Haricandhana juara 3 Berpidato putra, Shidqi Ghani Ibrahim Hartono juara 3 lomba Nembang Macapat putra dan Nuril Adrian Fariz juara 2 lomba membaca aksara Jawa putra.
Shofwatul Uyun menuturkan, persiapan untuk Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) 2022 penuh dengan tantangan dan rasa gugup, namun dengan persiapan yang dilakukan dan juga semangat yang sungguh-sungguh akhirnya merasa lega dan bangga bisa juara. Shofwatul Uyun juga menambahkan rasa syukurnya dapat membanggakan SMP Negeri 1 Pecangaan dengan meraih juara 1 Sesorah (Berpidato) dengan tema “Ayahaning Para Mudha ingkang Kreatif mapag Indonesia Emas 2045”. Mewakili ke empat temannya, Showatul Uyun mengucapkan terimakasih kepada pihak SMP Negeri 1 Pecangaan terutama kepada Kepala Sekolah dan guru-guru yang selalu memberi dukungan dalam mengikuti lomba.
“Untuk keluaraga besar SMP Negeri 1 Pecangaan, terimakasih atas doa-doanya, kepada Kepala Sekolah Bapak Abdul Mukhid, S. Pd, M. Pd dan guru-guru yang telah memberikan ilmu yang bermanfaat bagi saya dan siswa-siswi yang lain, dan juga telah membimbing serta mendukung di setiap perlombaan.” Tuturnya.
Kepala Sekolah bapak Abdul Mukhid, S. Pd, M. Pd, terus memberi semangat dan dorongan kepada juara untuk terus berprestasi hingga tingkat lanjut, “Terimakasih atas semangat dan prestasi di Festival Tunas Bahasa Ibu 2022. Ini akan menjadi inspirasi bagi siswa-siswa yang lainnya untuk lebih semangat belajar dan mencinta bahasa Jawa. Capaian ini merupakan energi positif yang dapat memberikan semangat untuk berprestasi di waktu yang akan datang.”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *